PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN MEDIATIGA DIMENSI SISTEM PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 4 LINGSAR

KAMARUDIN, KAMARUDIN (2020) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN MEDIATIGA DIMENSI SISTEM PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 4 LINGSAR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS KAMARUDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya rata-rata hasil belajar mengindikasikan masih kurang maksimalnya proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam proses pembelajaran. Biologi sebagai bagian dari IPA sudah selayaknya menggunakan pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar peserta didik. Pembelajaran berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dapat dilaksanakan dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Sintak pembelajaran perbasis proyek memberikan ruang bagi peserta didik untuk melatih keterampilan proses sains dan kreatifitas. Penggunaan media yang tepat juga menunjang keterampilan proses sains dan kreatifitas peserta didik. Penerapan model pembelajaran berbasis proyek menggunakan media tiga dimensi diharapkan mampu melatih dan meningkatkan keterampilan proses sains dan kreatifitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran berbasis proyek menggunakan media tiga dimensi sistem puzzle terhadap keterampilan proses sains dan kreatifitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan menerapkan rancangan eksperimen Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 4 Lingsar. Sampel dipilih dengan tehnik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, tes keterampilan proses sains, dan tes kreatifitas peserta didik. Hasil uji beda rata- rata data kelas eksperimen dan kelas kontroluntuk keterampilan proses sains diperoleh p sebesar 0,000 ( p<0,05) yang maknanya terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua data dimana data keterampilan proses sains pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji beda rata-rata data kelas eksperimen dan kelas kontroluntuk kreatifitas peserta didik diperoleh p sebesar 0,000 ( p<0,05) yang maknanya terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua data dimana data kreatifitas peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran berbasis proyek menggunakan media tiga dimensi sistem puzzle terhadap keterampilan proses sains dan kreatifitas peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Media Tiga Dimensi SistemPuzzle, Keterampilan Proses Sains, Kreatifitas Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:12
Last Modified: 16 Sep 2020 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17151

Actions (login required)

View Item View Item