ANALISIS EKONOMI DAN PEMASARAN BAWANG MERAH (Allium Ascalonicum) DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Muhammad, Najir (2020) ANALISIS EKONOMI DAN PEMASARAN BAWANG MERAH (Allium Ascalonicum) DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) Menganalisis besar biaya dan pendapatan usahatani bawang merah di Kabupaten Lombok Timur; (2) Menganalisis pola dan efisisensi pemasaran bawang merah di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sedangkan sedangkan pengambilan data dilakukan dengan teknik survei. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sembalun, Kecamatan Sakra Timur dan Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lomnok Timur. Data dianalisis secara Deskriptif. Penentuan jumlah responden dilakukan dengan metode proportional random sampling. Jenis data yang digunakan, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Rata-rata biaya yang dikeluarkan dalam usahatani bawang merah di Kabupaten Lombok Timur Rp. 24.733.836,9/LLG/proses produksi atau Rp. 57.520.550,9/ha. Pendapatan yang diperoleh petani sebesar Rp. 64.493.436,1/LLG/perproses produksi atau Rp. 149.984.735/ha. (2) (a) Terdapat 2 (dua) pola pemasaran bawang merah di Kabupaten Lombok Timur yaitu (pola I) Petani → Pedagang Pengumpul Desa → Pedagang Pengumpul Kecamatan → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir dan (pola II) Petani → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir. (b) Secara umum pemasaran bawang merah di Kabupaten Lombok Timur dapat dilihat dengan beberapa kriteria pemasaran yaitu, margin pemasaran, share petani, distribusi keuntungan dan Volume penjualan. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan kriteria margin pemasaran, share petani dan volume penjualan semua pola pemasaran bawang merah dapat dikategorikan efisien. Sedangkan jika ditinjau dari kriteria distribusi keuntungan hanya satu pola pemasaran yang efisien yaitu pola 1 Kecamatan Wanasaba sedangkan pola pemasaran yang lain kurang efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pola Pemasaran, Efisiensi dan Bawang Merah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:12
Last Modified: 16 Sep 2020 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17154

Actions (login required)

View Item View Item