TELAAH BUKU TEKS PEGANGAN GURU DAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII BERBASIS KURIKULUM 2013

Asri, A. Sahrul (2017) TELAAH BUKU TEKS PEGANGAN GURU DAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII BERBASIS KURIKULUM 2013. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS REVISI AKHIR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)

Abstract

Salah satu aspek yang memiliki peranan penting dalam pembelajaran di sekolah adalah keberadaan buku teks pelajaran. Dalam hal ini, kualitas buku teks pegangan guru dan siswa tidak pernah dikaji dengan intensif berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan BSNP. Tingkat keterbacaan buku teks tidak sesuai dengan tingkat perkembangan pemahaman dan keterampilan peserta didik. Buku teks pegangan guru dan siswa selama ini digunakan namun keselarasannya tidak pernah dikaji lebih lanjut. Disamping itu, keselarasan buku teks pegangan siswa dengan kurikulum sering luput untuk dikaji oleh pengguna buku teks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas buku teks pegangan guru dan pegangan siswa “Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan” kelas VII, tingkat keterbacaan buku teks, keselarasan buku teks pegangan guru dengan buku teks pegangan siswa, dan keselarasan buku teks dengan kurikulum 2013. Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah terkait kualitas, keterbacaan, dan keselarasan buku teks. Data bersumber dari buku teks pegangan guru dan siswa BIWP kelas VII. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik penganalisisan data menggunakan teknik analisis isi melalui coding, klasifikasi, dan deskripsi. Berdasarkan telaah yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan beberapa hal sebagai berikut. 1) Kualitas buku teks pegangan guru dan buku teks pegangan siswa termasuk pada kategori cukup. Hal ini disebabkan oleh beberapa komponen/subkomponen yang tidak memenuhi standar sebagaimana yang telah ditetapkan oleh BSNP. 2) Setelah ditelaah dengan menggunakan formula fog index, tingkat keterbacaan buku teks pegangan siswa “Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan” kelas VII berada pada kategori sangat sukar untuk dipahami oleh peserta didik jenjang SMP. 3) Keselarasan buku teks pegangan guru dan buku teks pegangan siswa termasuk pada kategori baik dengan memperhatikan aspek kelengkapan dan kedalaman ulasannya. 4) Buku teks pegangan siswa tidak sepenuhnya sesuai dengan komponen-komponen kurikulum 2013. Beberapa komponen tujuan, isi, dan penilaian kurikulum 2013 tidak termuat pada buku teks pegangan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): telaah, buku teks guru, buku teks siswa, kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 19 Aug 2017 07:46
Last Modified: 19 Aug 2017 07:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item