PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA PEMBELAJARAN MATERI FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

JUMHARNI, JUMHARNI (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA PEMBELAJARAN MATERI FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Mataram. Hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran langsung yang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, dimana guru hanya menyampaikan isi atau materi pembelajaran sedangkan siswa menerima begitu saja materi yang diberikan sehingga pembelajaran terkesan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Mataram tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada materi fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes uraian tiap akhir siklus dan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan rata-rata skor aktivitas siswa adalah 9,83 dengan kategori cukup aktif, kemudian pada siklus II dilakukan berdasarkan perbaikan-perbaikan pada siklus I sehingga terjadi peningkatan rata-rata skor aktivitas siswa menjadi 13,49 dengan kategori aktif. Persentase ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya yaitu 79% pada siklus I dan meningkat menjadi 86% pada siklus II. Sehingga model numbered heads together dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Mataram tahun pelajaran 2017/2018 pada pembelajaran materi fungsi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Numbered Heads Together, Aktivitas belajar, prestasi belajar, fungsi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Mar 2018 02:31
Last Modified: 24 Mar 2018 02:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item