ANALISIS PERKEMBANGAN PRODUKSI BAWANG PUTIH NUSA TENGGARA BARAT DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENCAPAI SWASEMBADA BAWANG PUTIH NASIONAL

Fathin, Nurhidayati Syihab (2020) ANALISIS PERKEMBANGAN PRODUKSI BAWANG PUTIH NUSA TENGGARA BARAT DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENCAPAI SWASEMBADA BAWANG PUTIH NASIONAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Fathin Nuhidayati Syihab_Analisis Perkembangan Produksi Bawang Putih Nusa Tenggara Barat dan Kontribus~0.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bawang putih (Allium sativum L.) merupakan komoditas penting dan menjadi kebutuhan pokok masyarakat yang harus terpenuhi. Namun sering kali produksi dalam negeri tidak mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri sehingga menimbulkan kebijakan impor. Kebijakan impor yang dilakukan memiliki dampak negatif terhadap eksistensi bawang putih lokal. Untuk mengatasi dampak tersebut pemerintah menerapkan program swasembada bawang putih nasional tahun 2016-2019 dengan melibatkan berbagai sentra produksi bawang putih di Indonesia termasuk diantaranya Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). NTB sebagai sentra produksi bawang putih di Indoensia mengalami perkembangan produksi dari tahun ke tahun. Informasi perkembangan tersebut menjadi penting untuk diketahui sebagai referensi merumuskan kebijakan pengembangan NTB sebagai sentra produksi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis perkembangan produksi bawang putih di Provinsi NTB, menganalisis pengaruh luas lahan dan produktivitas terhadap produksi bawang putih di Provinsi NTB, menganalisis kontribusi produksi bawang putih di Provinsi NTB terhadap pencapaian swasembada bawang putih nasional. Variabel penelitian ini termasuk poduksi, luas lahan, produktivitas, dan kontribusi. Metode yang digunakan adalah metode statistik deskriptif, metode simple moving average, metode regresi linier berganda, dan analisis kontribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a. Perkembangan produksi bawang NTB menunjukkan trend yang fluktuatif. Dalam hal ini terjadi pertumbuhan positif dan negatif pada produksi bawang putih NTB pada kurun waktu tahun 1990 hingga 2019. Laju pertumbuhan produksi bawang putih NTB dalam kurun waktu 1990 hingga 2019 menunjukkan rata-rata pertumbuhan sebesar 17 persen dengan rata-rata produksi sebesar 11.001,53 ton. Hasil proyeksi produksi bawang putih tahun 2020 dengan metode Simple Moving Average menunjukkan adanya peningkatan produksi sebesar 26.119 ton. b. Luas lahan dan produktivitas memiliki pengaruh dan peran terhadap produksi bawang putih di NTB. Pengaruh yang diberikan bersifat positif dan signifikan. Peningkatan luas lahan sebesar 1 ha meningkatkan produksi sebesar 0,886 ton dan peningkatan produktivits sebesar 1 ton/ha meningkatan produksi sebesar 0,682 ton. c. NTB memberikan kontribusi besar pada sisi produsi bawang putih dalam mencapai swasembada bawang putih. Rata-rata kontribusi yang diberikan bawang putih NTB mencapai 44% dari produksi bawang putih nasional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Bawang Putih, Produksi, Luas Lahan, Produktivitas, Kontribusi, Swasembada
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Sep 2020 04:19
Last Modified: 23 Sep 2020 04:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17295

Actions (login required)

View Item View Item