Strategi Humas dalam Menjalin Good relationship dengan Eksternal Stakeholder (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB pada Aktivitas Pemadaman Listrik Terencana Periode 9 November – 19 November 2019)

NOPIA, TRI ASTUTIK (2020) Strategi Humas dalam Menjalin Good relationship dengan Eksternal Stakeholder (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB pada Aktivitas Pemadaman Listrik Terencana Periode 9 November – 19 November 2019). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nopia Tri Astutik (Final).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat dalam menjaga keandalan pasokannya akan melakukan pemadaman terencana untuk pemeliharaan pembangkit. Selain untuk pemeliharaan, PLN juga akan melakukan pemadaman jika, terjadi devisit daya dan gangguan. Salah satu aktivitas pemadaman terencana yang dilakukan PLN wilayah Nusa Tenggara Barat pada periode 9 November – 19 November 2019 yang disebabkan devisit daya dan bersamaan dengan jadwal pemeliharaan pembangkit. Pemadaman tersebut mendapat banyak tekanan dari eksternal stakeholder perusahaan yang merasa dirugikan akibat durasi pemadaman yang lama. Tekanan tersebut harus dikelola oleh Humas PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat, untuk menjaga hubungan baik dengan eksternal perusahaan. Penelitian ini ingin mengetahui apa saja langkah – langkah strategis Humas PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat dalam menjalin hubungan baik dengan eksternal stakeholder sehingga dapat mengubah tekanan menjadi dukungan kepada perusahaan. Selain itu penelitian ini juga mencari tau apa saja faktor pendukung dalam menjalankan strategi, kendala dan solusi serta upaya yang dilakukan humas PLN. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data serta teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan langkah – langkah strategis yang dilakukan oleh Humas PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat yaitu mengumpulkan data di lapangan, menyusun rencana untuk menjalin good relationship dengan eksternal stakeholder perusahaan, lalu di komunikasikan dengan cara membuka diri kepada publik dan memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki, terakhir humas melakukan evaluasi untuk mengetahui apa saja faktor penghambat, kendala serta solusi sehingga humas dapat membentuk upaya – upaya pencegahan yang lebih optimal dalam menjalin good relationship dengan eksternal stakeholder.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Strategi Humas, Good Relationship, dan Eksternal Stakeholder
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Sep 2020 02:41
Last Modified: 28 Sep 2020 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17309

Actions (login required)

View Item View Item