UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS DAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIC SMPN 1 KEDIRI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS DAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIC SMPN 1 KEDIRI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS DAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIC SMPN 1 KEDIRI

EKA, RIZKY AMALIA (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS DAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIC SMPN 1 KEDIRI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS DAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIC SMPN 1 KEDIRI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS DAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIC SMPN 1 KEDIRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_EKA RIZKY AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis, dan sikap disiplin belajar siswa mata pelajaran PPKn melalui Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kel;as VIIIC SMPN 1Kediri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: (1) perencanaan;(2) pelaksanaan;(3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, Model Problem Based Learning sebagai variabel tindakan yang muncul sebanyak 25deskriptor (83%) dari 30 deskriptor. Persentase kemunculan variabel harapan berupa kemampuan menganalisis dari 4 deskriptor sebanyak 18 Siswa (72%) dari 25 siswa, keterampilan menyaji hasil dari 7 deskriptor sebanyak 18 Siswa (72%) dari 25, dan sikap disiplin siswa yang mendapatkan skor 33 sebanyak 17 Siswa (68%) dari 25 . Sedangkan pada siklus II, deskriptor variable tindakan yang muncul sebanyak 30. Seiring dengan meningkatnya variable tindakan, variable harapan meningkat pula. Kemampuan menganalisis menjadi 22 siswa (88%), keterampilan menyaji hasil analisis menjadi 22 Siswa (88%), dan sikap disiplin siswa menjadi 22 siswa (88%). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapatmeningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis, dan sikap disiplin siswa kelas VIIIC SMPN 1 Kediri dalam pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Menganalisis, Menyaji hasil analisis, Sikap Disiplin , Problem Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Sep 2020 02:41
Last Modified: 28 Sep 2020 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17313

Actions (login required)

View Item View Item