EKA, RIZKY AMALIA (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS DAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIC SMPN 1 KEDIRI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS DAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIC SMPN 1 KEDIRI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS DAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIC SMPN 1 KEDIRI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_EKA RIZKY AMALIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis, dan sikap disiplin belajar siswa mata pelajaran PPKn melalui Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kel;as VIIIC SMPN 1Kediri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: (1) perencanaan;(2) pelaksanaan;(3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, Model Problem Based Learning sebagai variabel tindakan yang muncul sebanyak 25deskriptor (83%) dari 30 deskriptor. Persentase kemunculan variabel harapan berupa kemampuan menganalisis dari 4 deskriptor sebanyak 18 Siswa (72%) dari 25 siswa, keterampilan menyaji hasil dari 7 deskriptor sebanyak 18 Siswa (72%) dari 25, dan sikap disiplin siswa yang mendapatkan skor 33 sebanyak 17 Siswa (68%) dari 25 . Sedangkan pada siklus II, deskriptor variable tindakan yang muncul sebanyak 30. Seiring dengan meningkatnya variable tindakan, variable harapan meningkat pula. Kemampuan menganalisis menjadi 22 siswa (88%), keterampilan menyaji hasil analisis menjadi 22 Siswa (88%), dan sikap disiplin siswa menjadi 22 siswa (88%). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapatmeningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis, dan sikap disiplin siswa kelas VIIIC SMPN 1 Kediri dalam pembelajaran PPKn.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Menganalisis, Menyaji hasil analisis, Sikap Disiplin , Problem Based Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 02:41 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 02:41 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17313 |
Actions (login required)
View Item |