PENERAPAN PIDANA TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (Studi Putusan Nomor 24/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Mtr)

EDI, MUHTAR (2020) PENERAPAN PIDANA TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (Studi Putusan Nomor 24/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Mtr). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EDI MUHTAR (D1A016072) PENERAPAN PIDANA TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap anak pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan berdasarkan Putusan Nomor 24/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Mtr dan Penerapan pidana terhadap anak pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan dalam Putusan Nomor 24/Pid.Sus-Anak/2019/Pn.Mtr. Metode yang digunakan adalah metode penelitian normatif. Hasil penelitian ini adalah Pertimbangan Hakim dalam perkara pencurian dengan pemberatan yang dilakukan oleh anak dengan Nomor 24/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Mtr yaitu mempertimbangkan pertimbangan yuridis dan pertimbangan non-yuridis serta telah mempertimbangkan laporan penelitian kemasyarakan dari pembimbing kemasyarakatan BAPAS Mataram. Penerapan pidana oleh Hakim dalam perkara pencurian dengan pemberatan yang dilakukan oleh Anak Muhammad Makhadir berupa pidana penjara selama 2 (dua) bulan di (LPKA) Mataram tidak tepat, karena pidana penjara dapat mengakibatkan stigmatisasi anak dan pada akhirnya menimbulkan kerugian bagi anak karena terlalu lama di dalam Lembaga, misalnya berupa ketidakmampuan anak untuk melanjutkan kehidupan yang produktif di dalam masyarakat. Mengingat tujuan dari peradilan anak adalah memperbaiki dan mencegah bukan semata-mata untuk menghukum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Penerapan Pidana, Anak, Pencurian dengan Pemberatan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Oct 2020 08:18
Last Modified: 08 Oct 2020 08:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17601

Actions (login required)

View Item View Item