PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020

RIZALUL, MUTTAQIN (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rizalul Muttaqin-PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media berbasis Macromedia Flash terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 28 Cakranegara tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Desain Tipe Nonequivalent Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 28 Cakranegara. Metode pengumpulan data yaitu angket dan observasi. Angket digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan motivasi belajar siswa, sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus Independent Sample-Test untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media Macromedia Flash terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji independent sample-test diperoleh angka signifikansi 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media Macromedia Flash berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 28 Cakranegara tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Macromedia Flash, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 08 Oct 2020 01:53
Last Modified: 08 Oct 2020 01:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17615

Actions (login required)

View Item View Item