PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN YANG MENGALAMI KERUGIAN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE PT.BUKALAPAK

SAMSUL, RIJAL (2020) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN YANG MENGALAMI KERUGIAN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE PT.BUKALAPAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIJAL SELESAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perlindungan hukum bagi konsumen yang mengalami kerugian dalam menggunakan aplikasi online PT.Bukalapak. Metode penelitian dalam penulisan ini adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini bahwa perlindungan hukum bagi konsumen tertuang dalam UUPK dan UU ITE. Adapun bentuk tanggung jawab pelapak yakni sebatas perantara antara pelapak dengan konsumen dengan melakukan penahanan pembayaran sedangkan tanggung pelapak yakni berupa penggantian barang dan/atau jasa yang sejenis atau setara nilainya, Ketentuan-ketentuan penyelesaian sengketa antara pelapak dengan konnsumen menjadi tanggung jawab bukalapak sebagai penyedia jasa bertemunya pelapak dan konsumen. Sehingga penyelesaian sengketa antara pelapak dan konsumen dilakukan berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan oleh Bukalapak. Oleh karena itu maka diperlukan peningkatan kualitas pelayanan dan pelapak untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi online.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: perlindungan hukum, kerugian, konsumen, aplikasi online.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Oct 2020 05:42
Last Modified: 14 Oct 2020 05:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17618

Actions (login required)

View Item View Item