PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BROKEN TRIANGLE/SQUARE/HEART TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN PENGEMBUR KECAMATAN PUJUT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HAFIZAH, KARIATUL (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BROKEN TRIANGLE/SQUARE/HEART TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN PENGEMBUR KECAMATAN PUJUT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
KARIATUL HAFIZAH NIM. E1E013017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Pengembur yang disebabkan oleh proses pembelajaran masih bersifat teacher center. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Broken Triangle/Square/Heart terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Pengembur Kecamatan Pujut tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling tipe sampling jenuh. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Pengembur sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III SDN Lendang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata (post-test) hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Pengembur dengan menerapkan model pembelajaran Broken Triangle/Square/Heart adalah 74. Sedangkan nilai rata-rata (post-test) hasil Belajar IPS siswa kelas III SDN Lendang Lantan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional adalah 65. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa yang menerapkan model pembelajaran Broken Triangle/Square/Heart dengan hasil belajar IPS siswa yang yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar IPS dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung>ttabel (10,526 >2,021) pada taraf kepercayaan 95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Broken Triangle/Square/Heart terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Pengembur Kecamatan Pujut tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Broken Triangle/Square/Heart, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 26 Mar 2018 03:31
Last Modified: 26 Mar 2018 03:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item