MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE STRUCTURED PAIRS LEARNING METHODS (SPLM) KOLABORASI DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS III SDN 1 DASAN GERIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DWI YANTI, RAMDIANA (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE STRUCTURED PAIRS LEARNING METHODS (SPLM) KOLABORASI DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS III SDN 1 DASAN GERIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 1 Dasan Geria. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 1 Dasan Geria. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini, adalah penerapan metode structured pairs learning methods (SPLM) Kolaborasi dengan think pair share (TPS). Jenis penelitian yang digunakan, adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini, adalah siswa kelas III SDN 1 Dasan Geria berjumlah 27 orang. Sebelum dilaksanakan penelitian, hasil belajar IPA siswa yang tuntas hanya 22% dengan nilai rata-rata kelas 62.22. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan II diperoleh jumlah nilai akhir aktivitas guru, yaitu pada siklus I dengan skor 15 kategori baik meningkat menjadi 19 skor kategori sangat baik pada siklus II, untuk aktivitas siswa pada siklus I dengan skor 47 kategori cukup aktif meningkat menjadi 57 skor kategori aktif pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus I 67.40 meningkat menjadi 79.07 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal pada siklus I 66.66% meningkat menjadi 88.88%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode structured pairs learning methods (SPLM) kolaborasi dengan think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 1 Dasan Geria Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Structured Pairs Learning Methods (SPLM), Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 27 Mar 2018 04:21
Last Modified: 27 Mar 2018 04:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item