STRATEGI PENCEGAHAN PERKAWINAN USIA ANAK (Studi Peran Kelompok Pemuda di Desa Aik Bukaq Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah)

TRI, DESTA ADELIYA (2020) STRATEGI PENCEGAHAN PERKAWINAN USIA ANAK (Studi Peran Kelompok Pemuda di Desa Aik Bukaq Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Bismillah yudisium.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui peran pemuda Aik Bukaq dalam strategi pencegahan perkawinan usia anak. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan informan kepala desa, kepala dusun, ketua kelompok, anggota kelompok, dan masyarakat. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pencegahan pernikahan usia anak dilakukan dengan cara memberikan berbagai bentuk kegiatan dalam kelompok untuk memberikan peran aktif pemuda seperti, mengadakan pembekalan pemuda, mengembangkan potensi wisata yang ada di desa, mengadakan kegiatan keagamaan, mengkampanyekan anti narkoba, menjalin kerja sama yang harmonis dengan para tokoh-tokoh dan beberapa organisasi kepemudaan, mengadakan gotong royong menjaga kebersihan lingkungan, mengadakan kegiatan usaha pemuda mandiri dan kreatif. Sehingga dapat mengubah kegiatan sehari-hari pemuda menjadi lebih produktif. Strategi ini juga memberikan dampak yang sangat baik sehingga dapat berkurangnya angka pernikahan usia anak, yakni dampak sosial, ekonomi, literasi, dan religius.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Pencegahan, Pencegahan Pernikahan, Pernikahan Usia Anak.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Oct 2020 00:44
Last Modified: 21 Oct 2020 00:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17798

Actions (login required)

View Item View Item