PENGAWETAN BAMBU TALI (Gigantochloa apus Kurz) MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DENGAN METODE PERENDAMAN PANAS

Asti, Rahmawati (2020) PENGAWETAN BAMBU TALI (Gigantochloa apus Kurz) MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DENGAN METODE PERENDAMAN PANAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ASTI R FIX-bambu tali 11213.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama perendaman panas terhadap nilai absorbsi, retensi dan penetrasi pada pengawetan bambu tali, mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak daun sirsak terhadap nilai absorbsi, retensi dan penetrasi pada pengawetan bambu tali serta mengetahui pengaruh interaksi lama perendaman panas dan konsentrasi ekstrak daun sirsak terhadap nilai absorbsi, retensi dan penetrasi pada pengawetan bambu tali. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan 2 faktor yaitu lama perendaman dan konsentrasi bahan pengawet dengan 3 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama perendaman berpengaruh nyata terhadap nilai absorbsi, retensi teoritis dan penetrasi bahan pengawet. Kosentrasi bahan pengawet hanya berpengaruh nyata terhadap nilai penetrasi. Sementara interaksi lama perendaman dan konsentrasi bahan pengawet tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter yang diajukan. Nilai absorbsi, retensi teoritis, retensi aktual dan penetrasi bahan pengawet berturut-turut berkisar antara 0,54– 1,17gr/cm3, 0,08– 0,17 gr/cm3 , 0,07 - 004 gr/cm3 dan 1,16 – 1,38 cm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Bambu tali, pengawetan, ekstrak daun sirsak, perendaman panas.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Oct 2020 00:44
Last Modified: 21 Oct 2020 00:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17799

Actions (login required)

View Item View Item