PENGARUH VARIASI JENIS DAN KONSENTRASI BAHAN PEREKAT TERHADAP KARAKTERISTIK BRIKET ARANG TEMPURUNG KELAPA (Cocos nucifera L.)

Elena, Desmasari (2020) PENGARUH VARIASI JENIS DAN KONSENTRASI BAHAN PEREKAT TERHADAP KARAKTERISTIK BRIKET ARANG TEMPURUNG KELAPA (Cocos nucifera L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELENA OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis perekat, konsentrasi perekat, dan interaksi jenis perekat dan konsentrasi perekat terhadap karakteristik briket arang tempurung kelapa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap faktorial. Faktor pertama adalah jenis perekat dan faktor kedua adalah konsentrasi perekat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi perekat hanya berpengaruh terhadap nilai kadar zat terbang briket arang tempurung kelapa. Jenis perekat tidak berpengaruh terhadap semua karakteristik briket arang tempurung kelapa. Interaksi antara faktor jenis perekat dan konsentrasi perekat tidak berpengaruh terhadap karakteristik briket arang tempurung kelapa. Perlakuan terbaik dihasilkan oleh kombinasi perlakuan konsentrasi perekat 5% dengan jenis perekat tapioka dan perlakuan konsentrasi perekat 10% dengan jenis perekat sagu. Kadar zat terbang, kadar abu, kadar karbon terikat, kerapatan, kadar air, dan shatter index briket arang tempurung kelapa berturut-turut adalah 33,64-39,64%, 28,05-38,46%, 26,52-32,3%, 0,66-0,79gr/cm³, 7,08-7,61%, dan 0,34-3,05%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Tempurung, Kelapa, Briket Arang, Jenis Perekat, Konsentrasi Perekat
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Oct 2020 00:44
Last Modified: 21 Oct 2020 00:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17800

Actions (login required)

View Item View Item