TANGGUNG JAWAB SUAMI ISTRI TERHADAP HUTANG BERSAMA SETELAH TERJADINYA PERCERAIAN (STUDI KASUS DI PENGADILAN AGAMA PRAYA)

Nurul, Hindayani (2020) TANGGUNG JAWAB SUAMI ISTRI TERHADAP HUTANG BERSAMA SETELAH TERJADINYA PERCERAIAN (STUDI KASUS DI PENGADILAN AGAMA PRAYA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PRINT OUT 1111111111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kedudukan hukum utang piutang suami dan istri setelah terjadinya perceraian menurut Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam (KHI), 2) Untuk mengetahui dasar hukum pertimbangan hakim dalam putusan Pengadilan Agama Praya terhadap perkara hutang bersama setelah terjadinya perceraian. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif. Manfaat dari penelitian ini terdiri dari manfaat teoritis dan praktis. Metode pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan perundang-undangan, pendekataan konseptual, serta pendekatan kasus. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1) Kedudukan hukum utang piutang suami dan istri setelah terjadinya perceraian menurut Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam (KHI) yaitu harta bersama diatur menurut hukumnya masing-masing. 2) Dasar pertimbangan hakim Pengadilan Agama Praya terkait Tanggung Jawab suami istri terhadap hutang bersama setelah terjadinya perceraian dengan No. Perkara 0180/Pdt.G/2019/PA.Pra, antara lain pertimbangan normatif yang berupa dasar-dasar hukum, yaitu berdasarkan Pasal 37 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, dimana dijelaskan bahwa apabila perkawinan putus karena perceraian, harta bersama diatur menurut hukumnya masing-masing, maka bagi orang Islam harus berpedoman pada Kompilasi Hukum Islam sebagai hukum Islam yang berlaku di Indonesia, kemudian Pasal 97 Kompilasi Hukum Islam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Tanggung Jawab Suami dan Istri, Hutang bersama dan Perceraian
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Oct 2020 00:45
Last Modified: 21 Oct 2020 00:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17802

Actions (login required)

View Item View Item