RESIKO RELATIF KOMPONEN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN DI 3 KELOMPOK PETERNAK KECAMATAN LENEK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

ELVIAN, HIDAYANTI (2020) RESIKO RELATIF KOMPONEN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN DI 3 KELOMPOK PETERNAK KECAMATAN LENEK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Elvian Hidayanti (B1D016074).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiko relatif komponen dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan Inseminasi Buatan dan untuk mengetahui persentase keberhasilan Inseminasi Buatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Septembe 2019 yang berlokasi di Desa Kalijaa Baru Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dengan responden (peternak) menggunakan kuisioner pada tiga kelompok dengan melihat tingkat keberhasilan IB tinggi, sedang dan rendah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Odd Ratio. Dari hasil penelitian menunjukkan keberhasilan IB tinggi pada kelompok Sabilal Mutttadin (I) yaitu 60%, keberhasilan IB sedang pada kelompok Hasrat Maju (II) yaitu 47%, dan kebehasilan IB rendah pada kelompok Bunga Lestari (III) yaitu 38%. Komponen dan faktor yang ada di kelompok ternak tesebut mempunyai resiko relatif yang berbeda. Kelompok ternak Sabilal Muttadin terdapat 2 faktor yang bepengaruh yaitu kepemilikan (0R=1,09) dan BCS (OR=1,10). Kelompok ternak Hasrat Maju terdapat 2 faktor yang berpengaruh yaitu motivasi pemeliharaan (OR= 1,51) dan anak jantan dilepas (OR=1,42) sedangkan kelompok ternak Bunga Lestari terdapat 2 faktor yang berpengaruh yaitu motivasi pemeliharaan (OR=5,50) dan kepemilikan (OR=5,50) faktor ini bepengaruh besar terhadap keberhasilan IB karena nilai OR > 1. Dapat disimpulkan resiko relatif dan komponen yang terdapat pada kelompok ternak yang mempunyai nilai resiko relatif yang berbeda dapat mempengaruhi keberhasilan IB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Inseminasi Buatan, Odd Ratio, dan Resiko Relatif
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Oct 2020 00:45
Last Modified: 21 Oct 2020 00:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17803

Actions (login required)

View Item View Item