PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA DAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI PESERTA DIDIK SMP

INTAN, SAHMADESTI (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA DAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI PESERTA DIDIK SMP. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
INTAN SAHMADESTI_I2E017007_TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar IPA untuk peserta didik kelas VII SMP dengan model inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan motivasi belajar IPA dan keterampilan berargumentasi pada topik klasifikasi materi dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) yang diadaptasi dari Borg & Gall, yang terdiri atas 7 langkah meliputi: 1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan akhir, dan 7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Parameter yang digunakan untuk mengetahui kualitas bahan ajar yang dikembangkan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Uji coba pengembangan produk menggunakan quasi experimental design dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Hasil validasi menunjukkan komponen perangkat pembelajaran dalam kategori sangat layak dengan perolehan nilai content validity sebesar 0,85. Hasil uji kepraktisan diperoleh persentase rata-rata hasil respon guru dan peserta didik yakni 78,69 % dengan kategori praktis, sedangkan persentase rata-rata hasil implementasi pembelajaran oleh guru di SMPN 1 Sumbawa yakni 74,64% dan di SMPN 1 Labuhan Badas yakni 71,88 %. Sedangkan implementasi pembelajaran oleh peserta didik di SMPN 1 Sumbawa yakni 76,25% dan di SMPN 1 Labuhan Badas yakni 69,17%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan bahan ajar IPA yang dikembangkan terlaksana dengan baik. Hasil uji N- Gain terhadap keterampilan berargumentasi dan motivasi belajar IPA peserta didik diperoleh skor N-Gain berturut-turut sebesar 0,5 (sedang) dan 0,4 (sedang), sehingga bahan ajar IPA model inkuiri terbimbing untuk peserta didik kelas VII SMP pada topik klasifikasi materi dan perubahnnya yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi dan motivasi belajar IPA peserta didik. Berdasarkan tujuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. K

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): ata Kunci: Bahan ajar IPA untuk peserta didik kelas VII SMP, Inkuiri terbimbing, motivasi belajar IPA, keterampilan berargumentasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Oct 2020 00:45
Last Modified: 21 Oct 2020 00:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17805

Actions (login required)

View Item View Item