TINJAUAN HUKUM PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT USAHA RAKYAT SEBAGAI MODAL USAHA DENGAN JAMINAN BPKB MOBIL (Studi di BPR Gomong Kota Mataram)

GEDE WIRE ADITYA, I (2020) TINJAUAN HUKUM PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT USAHA RAKYAT SEBAGAI MODAL USAHA DENGAN JAMINAN BPKB MOBIL (Studi di BPR Gomong Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WIREE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di BPR Gomong Kota Mataram, untuk memperoleh pengetahuan dan mengetahui bagaimana pelaksanaan perjanjian Kredit Usaha Rakyat Sebagai Modal Usaha Dengan Jaminan BPKB Mobil Di BPR Gomong Kota Mataram dan mengetahui upaya hukum yang dilakukan oleh pihak BPR Gomong Kota Mataram, jika terjadi penunggakan angsuran oleh debitur. Penelitian ini merupakan penelitian Hukum Normatif-Empiris penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Adapun prosedur pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan BPKB Mobil dalam dunia perbankan yaitu: memberikan informasi kepada calon nasabah, mengisi permohonan kredit, ondo spot (survey), analisis kredit, penjadwalan kredit, realisasi, pembinaan atau pengawasan. Upaya hukum yang dilakukan oleh BPR Gomong Mataram dalam hal mengatasi debitur yang melakukan penunggakan, terlebih dahulu diberikan somasi atau teguran, pembinaan dan penagihan kepada debitur, membuat surat tagihan dan panggilan kepada debitur. Apabila tidak ada respon dari debitur maka barang jaminannya ditarik dan barang jaminan akan dilelang dengan melimpahkan kepada lembaga pelelangan dan usulan pengapus bukuan pinjaman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perjanjian, Bank dan Kredit
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Oct 2020 08:58
Last Modified: 21 Oct 2020 08:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17813

Actions (login required)

View Item View Item