KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA SMA, SMK, DAN MA DI KOTA MATARAM DALAM MERANCANG RENCANA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS

SUSILAWATI, SUSILAWATI (2020) KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA SMA, SMK, DAN MA DI KOTA MATARAM DALAM MERANCANG RENCANA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru bahasa Indonesia SMA, SMK, dan MA di Kota Mataram dalam merancang rencana pembelajaran berbasis teks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian adalah RPP teks anekdot dan teks eksposisi hasil kerja guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah simak, catat dan cakap. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru bahasa Indonesia dalam merancang rencana pembelajaran berbasis teks bisa dikatakan sebagian besar belum memiliki kompetensi sesuai kurikulum 2013. Adapun dengan rincian perolehan skor hasil analisis yaitu, RPP guru SMA Negeri 8 Mataram memperoleh skor total 82,50 pada RPP teks anekdot dan 85,00 pada teks eksposisi sehingga dapat dikatakan kemampuan guru sudah bagus. RPP guru SMK Negeri 4 Mataram, skor total 60,50 pada teks anekdot dan 65,50 pada teks eksposisi, sehingga dapat dikatakan kemampuan guru kurang. RPP guru MA Negeri 1 Mataram, nilai skor 77,50 dan pada RPP teks eksposisi memperoleh skor 85,00 sehingga dapat dikatakan kemampuan sudah bagus. RPP guru SMA Muhamadiyah, skor total 48,00 pada RPP teks anekdot dan 58,00 pada teks eksposisi sehingga kemampuan masih kurang. RPP guru SMK Muhamadiyah, skor total 40,50 pada teks anekdot dan 38,00 pada teks eksposisi, sehingga kemampuan masih kurang. RPP guru MA Hidayatullah Mataram, nilai skor 23,71 pada teks anekdot dan skor 13,71 pada teks eksposisi sehingga dapat dikatakan kemampuan guru masih kurang sesuai dengan kompetensi kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kemampuan guru, Rencana pelaksanaan pembelajaran, Pembelajaran bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Oct 2020 08:58
Last Modified: 21 Oct 2020 08:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17815

Actions (login required)

View Item View Item