PEMAHAMAN GURU BAHASA INDONESIA SMA, SMK DAN MA DI KOTA MATARAM TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS

Nurfidah, Nurfidah (2020) PEMAHAMAN GURU BAHASA INDONESIA SMA, SMK DAN MA DI KOTA MATARAM TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Nurfidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pemahaman guru bahasa indonesia SMAN 1 Mataram, SMKN 4 Mataram, MAN 1 Mataram, SMAK Kesuma Mataram, SMK Muhammadiyah Mataram, dan MA Hidayatullah Mataram di Kota Mataram terhadap pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMA, SMK, dan MA di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode simak dan metode cakap. Sedangkan metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode padan intralingual teknik hubung banding menyamakan (HBB), hubung banding membedakan (HBS), dan teknik hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP). Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa pemahaman guru bahasa Indonesia SMA, SMK, MA di Kota Mataram terhadap pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks berkategori kurang mampu. Pemahaman guru bahasa Indonesia SMA, SMK, dan MA di Kota Mataram terhadap pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks mampu memahami jenis-jenis teks berdasarkan genrenya, karena semua responden mampu mendeskripsikan pemahamannya dalam teks. Dari sudut pandang pemahaman guru bahasa Indonesia SMA, SMK, dan MA di Kota Mataram terhadap pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks mampu memahami struktur teks berdasarkan genrenya, karena semua responden mampu mengidentifikasi pemahamannya dalam teks berdasarkan genrenya. Pemahaman guru bahasa Indonesia SMA, SMK, dan MA di Kota Mataram terhadap pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks kurang mampu memahami penggunaan piranti kebahasaan dalam teks, karena sebagian besar responden kurang mampu mengidentifikasi pemahamannya dalam teks berdasarkan genrenya. Dan terakhir, pemahaman guru bahasa Indonesia SMA, SMK, dan MA di Kota Mataram terhadap pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks di Kota Mataram mampu memahami tujuan sosial dalam teks, karena semua responden mampu mendeskripsikan pemahamannya dalam teks berdasarkan genrenya.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pemahaman guru, pembelajaran bahasa Indonesia, teks.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Oct 2020 08:58
Last Modified: 21 Oct 2020 08:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17816

Actions (login required)

View Item View Item