ANALISIS YURIDIS TENTANG ITSBAT NIKAH DI BAWAH TANGAN PADA PUTUSAN NOMOR : 610/PDT.P/2018/PA.MTR. ANALISIS YURIDIS TENTANG ITSBAT NIKAH DI BAWAH TANGAN PADA PUTUSAN NOMOR : 610/PDT.P/2018/PA.MTR. ANALISIS YURIDIS TENTANG ITSBAT NIKAH DI BAWAH TANGAN PADA PUTUSAN NOMOR : 610/PDT.P/2018/PA.MTR.

NYOMAN GITA PERBINTA I NYOMAN GITA PERBINTA, I (2020) ANALISIS YURIDIS TENTANG ITSBAT NIKAH DI BAWAH TANGAN PADA PUTUSAN NOMOR : 610/PDT.P/2018/PA.MTR. ANALISIS YURIDIS TENTANG ITSBAT NIKAH DI BAWAH TANGAN PADA PUTUSAN NOMOR : 610/PDT.P/2018/PA.MTR. ANALISIS YURIDIS TENTANG ITSBAT NIKAH DI BAWAH TANGAN PADA PUTUSAN NOMOR : 610/PDT.P/2018/PA.MTR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI I NYOMAN GITA P..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengajuan permohonan Itsbat nikah dibawah tangan di Pengadilan Agama Mataram dan dasar pertimbangan hakim Pengadilan Agama Mataram mengabulkan itsbat nikah di bawah tangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (satute approach, pendekatan konseptual (conseptual approach), dan pendekatan kasus (case approach). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimulkan bahwa : Proses pengajuan permohonan perkara itsbat nikah di Pengadilan Agama Mataram ialah dengan menggunakan sistem meja I, meja II, meja III. Sedangkan Pertimbangan hukum hakim memberikan putusannya berdasarkan pada duduk perkara yang telah diajukan. Pertimbangan putusan terdiri dari dua bagian, yaitu pertimbangan tentang fakta hukum dan pertimbangan hukumnya itu sendiri. Pertimbangan tentang fakta diperoleh dengan cara memeriksa alat bukti secara empiris dalam persidangan. Fakta-fakta yang terungkap dipersidangan selanjutnya di uji menggunakan teori kebenaran koresponden untuk memperoleh fakta hukum dan petunjuk. Sedangkan pertimbangan hukum merupakan bagian pertimbangan yang memuat uji verifikasi antara fakta hukum dengan berbagai teori dan peraturan perundang- undangan. Terbukti tidaknya suatu perkara di pengadilan sangat tergantung pada pertimbangan hukumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Itsbat Nikah, Nikah di Bawah Tangan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:59
Last Modified: 27 Oct 2020 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17932

Actions (login required)

View Item View Item