INFESTASI PARASIT GASTROINTESTINAL PADA RUSA TIMOR (Cervus timorensis) DI PT. SADHANA ARIF NUSA DESA PUYUNG KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

ENGGAR, APRILIA PRATIWI (2020) INFESTASI PARASIT GASTROINTESTINAL PADA RUSA TIMOR (Cervus timorensis) DI PT. SADHANA ARIF NUSA DESA PUYUNG KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ENGGAR APRILIA PRATIWI (B1D016078).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi dan jenis parasit yang menyerang rusa Timor. Rusa Timor dalam penelitian ini adalah milik PT. Sadhana Arif Nusa Lombok Tengah. Metode penelitian ini ialah dengan melakukan pengambilan sampel feses kemudian sampel feses diperiksa dilaboratorium, dan melakukan wawancara untuk melengkapi data hasil pemeriksaan feses. Sampel feses (n=31) diperiksa di laboratorim Kesehatan Hewan Banyumulek untuk diidentifikasi telur cacingnya menggunakan metode apung. Penelitian dilakukan dengan wawancara ke peternak terkait data satwa, umur satwa, cara pemeliharaan, pemberian pakan dan minum. Data hasil penelitian diolah menggunakan uji Chi-Square. Hasil pemeriksaan terhadap 31 sampel rusa Timor menunjukkan bahwa 6 ekor ternak sampel (19%) terinfestasi cacing dan 25 ekor yang negatif. Prevalensi parasit pada rusa Timor anak (0-4 bulan), rusa Timor muda (4-8 bulan) dan pada rusa Timor dewasa (>8 bulan) adalah sebesar 100%, 25% dan 9,25%. Dalam penelitian ini umur (p=0,07) dan jenis kelamin (p=0,411) tidak mempunyai pengaruh terhadap tingkat infestasi parasit pada rusa Timor. Berdasarkan jenis infestasi parasit sebanyak 5 ekor terinfestasi tunggal dan 1 ekor terinfestasi ganda. Berasarkan standar infestasi parasit gastrointestinal maka jumlah telur parasit yang ditemukan pada rusa Timor ialah termasuk infestasi ringan pada Nematoda genus Oesophagostomum dengan jumlah telur 100-150 butir per gram tinja dan infestasi ringan pada protozoa genus Oocyst eimeria dengan jumlah telur 10-500 butir per gram tinja. Jenis parasit yang ditemukan ialah Oesophagostomum (6%) dan Oocyst eimeria (16%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Rusa Timor, Prevalensi, Nematoda, Protozoa, Uji apung
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Oct 2020 05:48
Last Modified: 27 Oct 2020 05:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17949

Actions (login required)

View Item View Item