PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JiBroST (JIGSAW DAN BROKEN SQUARE AND TRIANGLE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 31 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ARDIYANTI, NIKE (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JiBroST (JIGSAW DAN BROKEN SQUARE AND TRIANGLE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 31 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini, adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 31 Cakranegara. Penyebabnya, ialah dalam proses pembelajaran guru masih dominan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, tugas, tanpa menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi dan aktif, sehingga berakibat kurangnya pemahaman yang didapatkan siswa, tidak adanya semangat yang tertanam dalam diri siswa karena pembelajaran cenderung tidak mengasyikkan serta masih kurangnya permainan-permainan yang diselingi dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe JiBroST (Jigsaw dan Broken Square and Triangle) siswa kelas IV SDN 31 Cakranegara Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian yang digunakan dalam hal ini, adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini, adalah siswa kelas IV SDN 31 Cakranegara tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 37 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi. Indikator ketercapaian dalam penelitian ini, adalah jika hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata kelas mencapai ≥ 75 dan persentase ketuntasan belajar klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I dan II, yaitu 68,64 dan 77,56. Sementara itu, persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I dan II, yaitu 67,56% dan 86,48%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran koopertif tipe JiBroST (Jigsaw dan Broken Square and Triangle) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 31 Cakranegara Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jigsaw, Broken Square and Triangle, hasil belajar, dan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 29 Mar 2018 04:13
Last Modified: 29 Mar 2018 04:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item