KARAKTERISTIK SUBMODUL SIKLIK PRIMA, PRIMA LEMAH DAN HAMPIR PRIMA PADA MODUL [ ]

RINA, JULIANA (2020) KARAKTERISTIK SUBMODUL SIKLIK PRIMA, PRIMA LEMAH DAN HAMPIR PRIMA PADA MODUL [ ]. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)

Abstract

Kriptografi adalah salah satu cabang ilmu matematika yang digunakan pada sistem keamanan digital. Beberapa algoritma kriptografi yang terkenal seperti RSA, sangat bergantung pada faktorisasi prima dari bilangan bulat. Tetapi, kehadiran komputer kuantum dapat menjadi ancaman bagi sebagian algoritma dalam kriptografi. Sehingga salah satu usaha matematikawan dalam mencari alternatif untuk menciptakan teknologi keamanan baru dalam kriptografi adalah dengan mempelajari abstraksi bilangan prima. Salah satu bentuk abstraksi bilangan prima ialah submodul prima yang diperkenalkan oleh Dauns pada tahun 1978. Submodul prima kemudian diperumum menjadi submodul prima lemah dan submodul hampir prima. Pada penelitian ini dikaji karakteristik submodul siklik prima, prima lemah, dan hampir prima pada modul [ ] Salah satu hasilnya ialah jika bilangan prima, maka setiap submodul siklik dari modul [ ] merupakan submodul prima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: submodul siklik, submodul prima, submodul prima lemah, submodul hampir prima, modul [ ]
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:38
Last Modified: 02 Nov 2020 04:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18115

Actions (login required)

View Item View Item