PENGARUH VARIASI KECEPATAN UDARA DAN MASSA BAHAN PADA ALAT FLUIDIZED BED TERHADAP LAJU PENGERINGAN DAUN KELOR (Moringa Oleifera Lamk )

POPY NOVIYANTI, R. (2020) PENGARUH VARIASI KECEPATAN UDARA DAN MASSA BAHAN PADA ALAT FLUIDIZED BED TERHADAP LAJU PENGERINGAN DAUN KELOR (Moringa Oleifera Lamk ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi R. Popy Noviyanti-F1C115030 Oktober 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pengeringan adalah pemisahan sejumlah zat cair dari bahan sehingga mengurangi kandungan air di dalam zat padat itu sampai suatu nilai yang dikehendaki. Pengeringan terfluidisasi adalah proses pengeringan yang memanfaatkan aliran udara panas dengan kecepatan tertentu yang dilewatkan menembus hamparan bahan sehingga hamparan bahan tersebut memiliki sifat seperti fluida. Pada penelitian tugas akhir ini dilakukan penelitian menggunakan mesin pengering terfluidisasi Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecepatan udara dan massa terhadap waktu pengeringan serta efisiensi pengeringan. Variasi kecepatan udara yang digunakan adalah 13 m/s, 14 m/s, 15 m/s dan variasi massa yang digunakan adalah 0,3 kg, 0,4 kg dan 0,5 kg dengan toleransi ± 0,5 kg dengan temperatur yang digunakan 55°C dengan toleransi ± 0,5°C. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecepatan aliran udara maka proses pengeringan semakin cepat, dan semakin berat massa daun kelor yang dikeringkan maka proses pengeringan akan semakin lama. Pengeringan tercepat untuk mencapai kadar air maksimal 6,5% dari kadar air awal 80,3% yaitu 75 menit yang dicapai pada kecepatan aliran udara 15 m/s dengan massa bahan 0,3 kg dan pengeringan terlama yakni 135 menit didapatkan pada kecepatan 13 m/s dengan massa bahan 0,5 kg. Efisiensi pengeringan tertinggi terjadi pada variasi kecepatan udara 15 m/s dengan massa daun kelor 0,5 kg yaitu sebesar 37%. Dan yang terendah pada kecepatan 13 m/s dengan massa 0,3 kg yaitu 26%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Daun kelor, pengeringan, fluidized bed, fluidisasi, kecepatan udara, massa.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Nov 2020 08:05
Last Modified: 03 Nov 2020 08:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18179

Actions (login required)

View Item View Item