ANALISIS PELAKSANAAN ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN MENJADI PERUMAHAN ( Studi di Kecamatan Labuapi ) ANALISIS PELAKSANAAN ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN MENJADI PERUMAHAN ( Studi di Kecamatan Labuapi ) ANALISIS PELAKSANAAN ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN MENJADI PERUMAHAN ( Studi di Kecamatan Labuapi )

MUHAMMAD, SAKIRIN (2020) ANALISIS PELAKSANAAN ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN MENJADI PERUMAHAN ( Studi di Kecamatan Labuapi ) ANALISIS PELAKSANAAN ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN MENJADI PERUMAHAN ( Studi di Kecamatan Labuapi ) ANALISIS PELAKSANAAN ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN MENJADI PERUMAHAN ( Studi di Kecamatan Labuapi ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Revisi Skripsi, Muhammad Sakirin (D1A116193) ke fixx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas bagaimanakah pelaksanaan alih fungsi atau konversi lahan pertanian menjadi perumahan di Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat dan bagaimanakah faktor-faktor yang mendorong terjadinya alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan di Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, berdasarkan rumusan masalah da tujuan penelitian ini sehingga penelitan ini merupakan penelitian empiris. Alih fungsi lahan pertanian menjda perumahan di Kecamatan Labuapi dilakukan secara besar-besaran karena Kecamatan Labuapi merupakan salah satu sasaran lokasi alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan di Kabupaten Lombok Barat, sebagai penyangga Kota Mataram berdasarkan Perda RT/RW Lombok Barat. Beberapa Desa telah menjadi sasaran lokasi alih fungsi lahan menjadi perumahan dan dominannya lahan pertanian yang masih produktif dijadikan lokasi alih fungsi lahan. Dengan menggunakan pendekatan sosiologis peneliti menemukan bahwa faktor-faktor yang mendorong terjadinya alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan di Kecamatan Labuapi adalah salah satunya kurangnya pemahaman masyarakat terkait mengenai kelestarian lahan pertanian untuk konservasi pangan berkelanjutan. Kendala yang dialami didalam alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan di Kecamatan Labuapi yaitu masalah perizinan dan status tanah yang dimana pemerintah setempat salah satunya penghijaun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Alih Fungsi Lahan, Lahan Pertanian, Perumahan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Nov 2020 00:27
Last Modified: 05 Nov 2020 00:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18185

Actions (login required)

View Item View Item