PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 SEKOTONG PADA MATERI PROGRAM LINIER TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Prangga, Assmarqandi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 SEKOTONG PADA MATERI PROGRAM LINIER TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir logis matematis siswa dan besar dari pengaruh model pembelajaran tersebut. Dalam mencapai tujuan tersebut, digunakan desain penelitan post-test only control group. Penelitian yang dilakukan di kelas XI-IPA SMAN 1 Sekotong ini melibatkan 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Dengan mempertimbangkan desain post-test only control group yang membutuhkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, digunakanlah teknik sampling jenuh yang mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel. Anggota populasi yang dimaksud adalah seluruh siswa kelas XI- IPA SMAN 1 Sekotong yang terbagi menjadi dua kelas yakni XI-IPA 1 dan XI- IPA 2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir logis siswa berbentuk uraian yang terdiri dari empat soal. Pengukuran kemampuan berpikir logis dilakukan setelah dilaksanakannya model pembelajaran berbasis masalah sebanyak empat pertemuan. Tingkat keterlaksanaan model pembelajaran tersebut diukur dengan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir logis matematis. Hasil tersebut didukung dengan peningkatan kemampuan berpikir logis matematis pada setiap pertemuan. Selain itu, analisis menggunakan effect-size menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir logis matematis siswa memiliki pengaruh yang tinggi. Dalam penelitian ini, tingkat keberhasilan model pembelajaran berbasis masalah tak lepas dari peran guru yang harus secara aktif membimbing siswa agar setiap kegiatan terlaksana dengan maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Logis Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Nov 2020 00:27
Last Modified: 05 Nov 2020 00:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18191

Actions (login required)

View Item View Item