ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN MASALAH PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII-6 SMPNEGERI 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

NURASNIATI, NURASNIATI (2020) ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN MASALAH PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII-6 SMPNEGERI 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURASNIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) jenis kesalahan siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 3 Mataram dalam penyelesaian masalah pada materi lingkaran. 2) faktor penyebab siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 3 Mataram melakukan kesalahan dalam penyelesaian masalah pada materi lingkaran. Penelitian ini digolongkan penelitian deskriptif jenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mataram yang terdiri dari tujuh kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 3 Mataram yaitu sebanyak 28 siswa. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis dan wawancara. Tes digunakan untuk menganalisis kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan kesimpulan. Sedangkan wawancara digunakan untuk menelusuri kesalahan siswa secara lebih mendalam. Pengujian instrumen yang dilakukan adalah pengujian validitas isi yang dikonsultasikan dengan ahli yaitu dosen dan guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 jenis kategori kesalahan yang dilakukan oleh siswa SMP Negeri 3 Mataram yaitu: 1) kesalahan membaca sebesar 13,94 % berada pada kategori kesalahan rendah. 2) kesalahan memahami sebesar 47,61%, berada pada kategori kesalahan cukup. 3) kesalahan transformasi sebesar 57,53% berada pada kategori kesalahan cukup. 4) kesalahan keterampilan proses sebanyak 66,66% berada pada kategori kesalahan tinggi. 5) kesalahan penelitian kesimpulan sebanyak 94,39% berada pada kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Jenis kesalahan, lingkaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:58
Last Modified: 05 Nov 2020 08:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18197

Actions (login required)

View Item View Item