TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN KREDIT USAHA RAKYAT OLEH BANK RAKYAT INDONESIA (Studi di PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Cabang Praya)

ARDIANSYAH, ARDIANSYAH (2020) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN KREDIT USAHA RAKYAT OLEH BANK RAKYAT INDONESIA (Studi di PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Cabang Praya). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARDIANSYAH D1A113318.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bank adalah badan usaha dibidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dimasyarakat terutama memberikan kredit dan jasa dilalu-lintas pembayaran dan peredaran uang. Perjanjian kredit adalah perjanjian yang dibuat antara Kreditur dan Debitur, dimana Kreditur berkewajiban untuk memberikan uang atau kredit kepada Debitur, dan Debitur berkewajiban untuk membayar pokok dan bunga, serta biaya-biaya lainnya sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif-empiris yaitu dengan mengumpulkan hasil wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pemberian kredit usaha rakyat dilakukan melalui beberapa tahap dan penyelesaian yang dapat dilakukan terhadap kredit usaha rakyat yang bermasalah yaitu dengan cara merestrukturisasi kreditnya yang berupa perubahan tingkat suku bunga kredit, pengurangan tunggakan bunga, pengurangan tunggakan pokok kredit, perpanjangan jangka waktu kredit, penambahan fasilitas kredit, pengambil alihan asset debitur, konversi kredit menjadi penyertaan modal sementara, pembayaran sejumlah kewajiban bunga yang dilakukan kemudian penjualan agunan (jika terdapat agunan).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Bank, Kreditur, Perjanjian Kredit.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:58
Last Modified: 05 Nov 2020 08:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18201

Actions (login required)

View Item View Item