KONSUMSI, KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK LAMTORO (Leucaena leucocephala) DAN CAMPURAN LAMTORO DENGAN GAMAL (Gliricidia sepium) PADA SAPI BALI JANTAN MUDA

WARDIANI, WARDIANI (2020) KONSUMSI, KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK LAMTORO (Leucaena leucocephala) DAN CAMPURAN LAMTORO DENGAN GAMAL (Gliricidia sepium) PADA SAPI BALI JANTAN MUDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DINI ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Konsumsi Bahan Kering, Kecernaan Bahan Kering dan Bahan Organik Lamtoro (Leucaena leucecophala) dan Campuran Lamtoro dengan Gamal (Gliricidia Sepium) pada Sapi Bali Jantan Muda. Penelitian telah dilaksanakan dari tanggal 18 Mei-18 Agustus. Di Kandang Kelompok Sambi Maci Kecematan Woja Kabupaten Dompu. Sedangkan untuk analisis komposisi nutrisi pakan, sisa pakan dan feses dilakukan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan, Universitas Mataram. 10 ekor sapi bali muda dengan berat badan rata- rata 121 ± 11,1 kg dibagi menjadi dua kelompok perlakuan pakan yang masing- masing ternak ditempatkan dalam kandang individu dengan ukuran 1,25 Yang dilengkapi dengan tempat pakan dan air minum. Adapun perlakuan pakan tersebut adalah : perlakuan A (100% lamtoro + 0,05% dedak) dan perlakuan B (85% lamtor+ 15 % Gamal+ 0,05% dedak). Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah konsumsi bahan kering, kecernaan bahan kering, dan kecernan bahan organik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis Ttest. Hasil penelitian menunjukkan Konsumsi BK pakan BB dibawah standar yaitu pada sapi yang diberi pakan 100% lamtoro adalah 2,78 ± 0.03 dan campuran 85% lamtoro + 15% gamal adalah 2,75% ± 0,07. Tidak terdapat perbedaan yang nyata ( P > 0,05) KcBK dan KcBO sapi yang diberi pakan 100% Lamtoro dan campuran 85% lamtoro + 15%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Konsumsi Bahan Kering, Kecernaan Bahan Kering dan Bahan Organik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:58
Last Modified: 05 Nov 2020 08:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18204

Actions (login required)

View Item View Item