PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN GUGUS IV KECAMATAN LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MAUDY, RADIYANTI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN GUGUS IV KECAMATAN LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ujian MAUDY RADIYANTI Final SIAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Gugus IV Kecamatan Labuapi tahun 2020/2021. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Labuapi, sedangkan sampelnya adalah kelas V SDN 1 Perampuan sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 3 Karang Bongkot sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes tulis dan dokumentasi. Data hasil belajar siswa berupa pretest dan posstest kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogorov-smirnov, kemudian di uji homogenitas dengan levene’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian di analisis menggunakan uji sample indenpenden. Diperoleh thitung sebesar 4,864 sedangkan ttabel sebesar 1,990 pada taraf kepercayaan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya di uji effect size dengan perolehan nilai sebesar 0,72 dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model Think Pair Share, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:57
Last Modified: 05 Nov 2020 08:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18209

Actions (login required)

View Item View Item