UPAYA MENINGKATKAN KEBIASAAN PERSONAL HYGIENE DALAM KEGIATAN MENCUCI TANGAN MELALUI METODE DEMONTRASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kualitatif di Lingkungan Kebontalo Selong Tahun 2020)

DIAH, LARASATI RAHIL (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEBIASAAN PERSONAL HYGIENE DALAM KEGIATAN MENCUCI TANGAN MELALUI METODE DEMONTRASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kualitatif di Lingkungan Kebontalo Selong Tahun 2020). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAH LARASATI RAHIL (E1F016015).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi rendahnya pemahaman tentang kebiasaan personal hygiene terutama dalam kegiatan mencuci tangan pada anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Kebontalo Selong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kebiasaan personal hygiene dalam kegiatan mencuci tangan pada anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Kebontalo Selong. Metode yang digunakan metode kualitatif deskripif. Subyek penelitian berjumlah 6 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan upaya meningkatkan kebiasaan personal hygiene dalam kegiatan mencuci tangan melalui metode demonstrasi pada anak usia 5-6 tahun di Lingkungan kebontalo Selong Tahun 2020 pada penelitian tahap ke-1 nilai rata-rata anak mencapai 33,3%, pada tahap ke-2 nilai rata-rata anak mencapai 54,2%, pada tahap ke-3 nilai rata-rata anak mencapai 70,8% dan pada tahap ke-4 nilai rata-rata anak mencapai 87,5%. Hal ini menunjukkan perilaku personal hygiene anak dalam kegiatan mencuci tangan mengalami peningkatan dilihat dari nilai akhir masing-masing anak sudah berkembang sesuai harapan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonsrasi dapat meningkatkan kebiasaan personal hygiene terutama dalam kegiatan mencuci tangan pada anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Kebontalo Selong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : personal hygiene, demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:57
Last Modified: 05 Nov 2020 08:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18212

Actions (login required)

View Item View Item