PEMBATALAN SECARA SEPIHAK PERJANJIAN KERJASMA PENGELOLAAN LAHAN PARKIR ANTARA RUMAH SAKIT KOTA MATARAM DENGAN PT. PRIMAMITRA SEJAHTERA

SIGIT, WIDIA PUTRA (2020) PEMBATALAN SECARA SEPIHAK PERJANJIAN KERJASMA PENGELOLAAN LAHAN PARKIR ANTARA RUMAH SAKIT KOTA MATARAM DENGAN PT. PRIMAMITRA SEJAHTERA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab dua isu hukum utama yaitu : 1). Dapatkah perjanjian kerjasama melalui kontrak kerjasama pengelolaan lahan parker antara Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram dengan PT. Primamitra Sejahtera dilakukan pemutusan perjanjian secara sepihak? 2). Bagaimanakah Pola Penyelesaian Sengketa dalam kerjasama pengelolaan lahan parker antara Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram dengan PT. Primamitra Sejahtera? Penelitian ini merupakan penelitian hukum normative dengan menggunakan metode pendekatan konseptual, pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Oleh karena di dalam kontrak kerjasama pengelolaan lahan parker telah disepakati adanya kemungkinan untuk mengakhiri perjanjian secara sepihak, maka berdasarkan asas Pacta Survanda (mengikatnya perjanjian sebagaimana mengikatnya Undang- undang) Para Pihak harus patuh terhadap apa yang telah disepakati termasuk dalam hal pembatalan perjanjian kerjasama secara sepihak. 2).Bahwa di dalam kontrak perjanjian kerjasama antara Rumah Sakit Kota Mataram dengan PT. PT. Primamitra Sejahtera ditentukan bahwa jika terjadi sengketa maka akan diselesaikan secara musywarah, melalui lembaga arbitrae atau melalui pengadilan. Terkait dengan pemutusan secara sepihak perjanjian kerjasama oleh pihak Rumah Sakit Kota, pihak PT. Primamitra Sejahtera tidak mengajukan keberatan, sehingga proses penyelesaiannya tidak dilanjutkan ke pengadilan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pembatalan sepihak, perjanjian kerjasama
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:56
Last Modified: 05 Nov 2020 08:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18219

Actions (login required)

View Item View Item