NILAI-NILAI SOSIAL YANG TERKANDUNG DALAM TRADISI KALONDO BUNTI (Studi Tentang Perkawinan Masyarakat Mbojo di Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima)

KARDOFAH, DEPITASARI (2020) NILAI-NILAI SOSIAL YANG TERKANDUNG DALAM TRADISI KALONDO BUNTI (Studi Tentang Perkawinan Masyarakat Mbojo di Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Kalondo Bunti di Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima dan untuk mengetahui nilai-nilai sosial yang terkandung dalam tradisi Kalondo Bunti (Menurunkan penganten wanita) pada Suku Bima di Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, penelitian kualitatif merupakan salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan atau perilaku orang-orang yang diamati. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta validasi data. Berdsarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut proses pelaksanaan Tradisi Kalondo Bunti (menurunkan penganten wanita) yang merupakan salah satu rangkaian perkawinan adat Bima. Kalondo Bunti (menurunkan penganten wanita) ini dilakukan sebelum acara resepsi berlangsung. Adapun nilai-nilai yang terdapat dalam tradisi Kalondo Bunti (menurunkan penganten wanita) yakni sebagai berikut: a). Nilai gotong royong yang dimaksud yaitu kehidupan gotong-royong banyak ditemukan pada masyarakat yang berakar pada tradisi Kalondo Bunti (menurunkan penganten wanita). Tradisi Kalondo Bunti (menurunkan penganten wanita) mengharuskan masyarakat untuksaling bekerja sama sejak mulai persiapan, hingga pelaksanaan, b). Nilai Sosial nilai kedua yang terdapat dalam tradisi Kalondo Bunti (menurunkan penganten wanita) yaitu nilai sosialyang dimaksud nilai sosial dalam tradisi Kalondo Bunti (menurunkan penganten wanita) adalah adanya rasa kepedulian antar sesama dalam mewujudkan sesuatu yang diinginkan, c) Nilai Silaturrahmiyang dimaksud yaitu hubungan kekerabatan, berupa hubungan kasihsayang, tolong-menolong, berbuat baik, menyampaikan hak dankebaikan, serta menolak berbuatkeburukan dari kerabat yakni ahli waris dan ulu al-arham.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Nilai-Nilai Sosila, Kalondo Bunti, Warisan Budaya Mayarakat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:43
Last Modified: 06 Nov 2020 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18233

Actions (login required)

View Item View Item