PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI BENTUK TANGGUNG JAWAB EKSTERNAL PERUSAHAAN PADA PT. PEGADAIAN PERSERO DI MATARAM (PENELITIAN PADA PT. PEGADAIAN CABANG MATARAM)

Jessica, Trevy Corsel (2020) PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI BENTUK TANGGUNG JAWAB EKSTERNAL PERUSAHAAN PADA PT. PEGADAIAN PERSERO DI MATARAM (PENELITIAN PADA PT. PEGADAIAN CABANG MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi trevy corsel oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis signifikansi mengenai: 1) pengimplementasaian PKBL dari CSR menurut Undang-Undang No 40 Tahun 2007 di PT. Pegadaian Cabang Mataram. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja PKBL. 3) Kendala PKBL dari aspek segi sosial ekonomi yang dialami masyarakat penerima bantuan dan mitra binaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris dengan jumlah responden yang digunakan 3 orang mitra binaan program PKBL PT. Pegadaian Cabang Mataram sebagai penerima pinjaman modal dan 6 lokasi penerima bantuan bina lingkungan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir (2017-2019). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) PT. Pegadaian Persero cabang Mataram telah mengimplementasikan mandat dari Undang-Undang No 40 Tahun 2007 pasal 74 tentang perseroan terbatas, dengan melakukan program kemitraan yaitu membantu usaha mikro menengah kebawah dengan cara peminjaman modal bagi mitra binaan sebanyak 2 orang pada tahun 2017, 5 orang pada tahun 2018 dan 3 orang ditahun 2019 serta telah melakukan program bina lingkungan, yaitu memberi bantuan kepada masyarakat sekitar perusahaan baik berupa dana ataupun berupa barang, 2 lokasi ditahun 2017, 2 lokasi ditahun 2018 serta 2 lokasi juga pada tahun 2019 . 2) terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan PKBL, diantaranya leadership, proporsi bantuan, transparansi dan akuntabilitas, cakupan wilayah, perencanaan dan mekanisme, pelibatan stakeholders, keberlanjutan dan hasil nyata. 3) Terdapat pula beberapa kendala dalam melaksanakan program PKBL, terlebih pada mitra binaan dan masyarakat penerima program bina lingkungan yaitu tidak adanya sosok pendamping yang membina dan mendampingi mitra binaan dalam mengelola modal yang di pinjamkan oleh PT. Pegadaian Persero cabang Mataram, kurangnya cakupan wilayah penerima bantuan program bina lingkungan, serta kurang diperhatikannya tepat guna sasaran bantuan program bina lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : PKBL, CSR
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Nov 2020 08:37
Last Modified: 10 Nov 2020 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18299

Actions (login required)

View Item View Item