META ANALISIS PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS TINGKAT PENDIDIKAN SMP

HIJRATUL, YANTI (2020) META ANALISIS PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS TINGKAT PENDIDIKAN SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HIJRATUL YANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang menjadi bahan pembahasan dan pengkajian dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut. (1) Bagaimanakah bentuk-bentuk Penelitian terdahulu tentang penilaian pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks tingkat pendidikan SMP; (2) Bagaimanakah perbandingan hasil penelitian terdahulu tentang penilaian pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks tingkat pendidikan SMP; (3) Bagaimanakah bentuk-bentuk penilaian pada penelitian terdahulu tentang penilaian pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks tingkat pendidikan SMP. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk bentuk penelitian terdahulu, perbandingan hasil penelitian terdahulu, serta mendsekripsikan tentang bentuk-bentuk penilaian pembelajaran. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode pengamatan/ observasi secara langsung maupun secara online atau offline. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Metode penyajian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni secara formal dan informal. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu: (1) Berdasarkan bentuk-bentuk penelitian terdahulu tentang penilaian pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, terdapat dua bentuk skripsi dan empat bentuk jurnal yang telah dipublikasikan. (2) Terkait perbandingan hasil penelitian terdahulu tentang penilaian pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, terdapat satu jurnal yang layak dalam kriteria kelayakan produk mengenai pengembangan instrument penilaian pembelajaran, tingkat persentase mencapai 80%-100%, dan dua jurnal cukup layak dengan skor persentase sebesar 30%-60% serta tiga jurnal tidak layak dengan skor persentase rendah sebesar <30% yang harus direvisi kembali, (3) Terkait bentuk-bentuk instrument penilaian pembelajaran berbasis teks, terdapat lima artikel yang menggunakan bentuk instrument penilaian autentik berjenis tertulis dan proyek, serta satu skripsi yang menggunakan bentuk instrument penilaian portofolio berjenis proses.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Penilaian pembelajaran bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Nov 2020 07:07
Last Modified: 11 Nov 2020 07:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18318

Actions (login required)

View Item View Item