ANALISIS KINERJA GURU PPKn DALAM MENYELENGGARAKAN PEMBELAJARAN INOVATIF (Studi di SMAN 1 Praya dan SMAN 2 Praya)

ABDUL, WAHIDIN (2020) ANALISIS KINERJA GURU PPKn DALAM MENYELENGGARAKAN PEMBELAJARAN INOVATIF (Studi di SMAN 1 Praya dan SMAN 2 Praya). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Guru PPKn dalam menyelenggarakan pembelajaran inovatif di SMAN 1 Praya dan SMAN 2 Praya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah-langkah mereduksi, menyaji dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru PPKn dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran inovatif sudah baik. Dilihat dari aspek pembelajaran yang dilakukan, pembelajaran inovatif teridentifikasi pada komponen RPP pada bagian alat, dan media pembelajaran menggunakan jenis media visual seperti gambar dan slide, dan audio visual seperti vidio, skenario pembelajaran disusun dengan langkah-langkah pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik, model- model pembelajaran inovatif seperti jigsaw, pembelajaran discovery learning, problem Based learning. Dengan demikian pelaksanaan proses pembelajaran berlansung secara, kelompok, individual dan klasikal; siswa berinteraksi dalam pembelajaran serta membantu mengembangkan sikap positif siswa. Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui tahapan kegiatan pengukuran dengan menggunakan instrumen tes uraian untuk ranah pengetahuan, serta nontes berupa observasi dan penugasan untuk ranah sikap dan keterampilan siswa. Berikutnya, penilaian dilakukan dengan memberikan kriteria berdasarkan sangat baik, baik, cukup dan kurang. Dengan demikian evaluasi dapat dilakukan dengan baik dan memberikan informasi yang akurat untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kinerja Guru, Pembelajaran Inovatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Nov 2020 07:07
Last Modified: 11 Nov 2020 07:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18321

Actions (login required)

View Item View Item