PENGKAYAAN VITAMIN DAN MINYAK IKAN PADA RAGI ROTI SEBAGAI PAKAN Brachionus plicatilis YANG DIBERIKAN DENGAN METODE TETES

SUKIANDI, SUKIANDI (2020) PENGKAYAAN VITAMIN DAN MINYAK IKAN PADA RAGI ROTI SEBAGAI PAKAN Brachionus plicatilis YANG DIBERIKAN DENGAN METODE TETES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUKIANDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Brachionus plicatilis merupakan jenis zooplankton yang berperan penting sebagai pakan hidup bagi berbagai jenis ikan yang dibudiayakan. Keunggulan Brachionus plicatilis sebagai pakan yang ukuran sangat kecil, berenang lambat sehingga mudah untuk dimangsa oleh larva dan waktu kultur relatif singkat, laju reproduksi tinggi, kandungan gizi cukup tinggi. Ragi merupakan jenis pakan alternatif bagi Brachionus plicatilis yang umumnya digunakan apabila kultur fitoplankton tidak mencukupi. Ragi roti merupakan jenis pakan kultur yang dapat diperkaya dengan scott emulsion, Vitamin B12 dan vitamin C sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidupnya. Akan tetapi, belum diketahui secara jelas mengenai konsentrasi ragi roti yang tepat dalam kultur pada Brachionus plicatilis. Penelitian ini bertujuan untuk menyimpulkan pengaruh pemberian ragi roti yang diperkaya scott emulsion, vitamin C dan vitamin B12 metode tetes terhadap kepadatan Brachionus plicatilis.Penelitian dilaksanakan pada tanggal 30 juni sampai 6 juli 2020, bertempat di Laboratorium Program Studi Budidaya Perairan, Universitas Mataram. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dimana perlakuan yang digunakan yaitu P1 (tanpa ragi), P2 (0.3 gram), P3 (0.6 gram), P4 (0.9 gram), P5 (1.2 gram). Hasil yang terbaik didapatkan pada perlakuan P5 dengan konsentrasi ragi 1.2 gram merupakan perlakuan terbaik dengan menghasilkan kepadatan sebanyak 524 sel/mL.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Brachionus plicatilis, Ragi Roti, Metode Tetes, Scoot imulsion, Vitamin B12, Vitamin C, Kepadatan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Nov 2020 08:56
Last Modified: 11 Nov 2020 08:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18324

Actions (login required)

View Item View Item