PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NUNUNG, RUSDIYAWANTI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NUNUNG RUSDIYAWANTI (E1R115048).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang tersebar dari tujuh kelas dan sampel dari dua kelas diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan analisis data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two lebih baik dibanding dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hal tersebut mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mataram tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif,tipe The Power of Two , Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Nov 2020 03:01
Last Modified: 13 Nov 2020 03:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18359

Actions (login required)

View Item View Item