IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISTEM REPRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE TIER TEST DI KELAS XI MAN 1 LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020

Surya, Pratama (2020) IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISTEM REPRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE TIER TEST DI KELAS XI MAN 1 LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Surya Pratama_E1A016071_Jurnal P.MIPA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep sistem reproduksi siswa di Kelas XI MAN 1 Lombok Barat melalui penggunaan instrumen three tier test. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Lombok Barat (MIA, IPS dan Bahasa). Sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas XI MIA 1 dan 30 siswa kelas XI MIA 2. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik cluster sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan perbedaan karakteristik kelas. Analisis dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif menggunakan rumus persentase berdasarkan kriteria pemahaman konsep yang dicari. Hasil analisis pemahaman konsep sistem reproduksi dengan menggunakan instrumen three tier test didapatkan siswa yang paham konsep sebanyak 17,54% (klasifikasi rendah), siswa kurang paham konsep 0,93% (klasifikasi rendah), siswa mengalami miskonsepsi 76,20% (klasifikasi sangat tinggi), siswa tidak paham konsep 3,53% (klasifikasi rendah), dan siswa menebak 1,80% (klasifikasi rendah). Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa teridentifikasi mengalami miskonsepsi sangat tinggi pada konsep-konsep pemahaman yang rendah maupun yang membutuhkan pemahaman tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: three tier test, pemahaman konsep, sistem reproduksi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Nov 2020 04:01
Last Modified: 13 Nov 2020 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18364

Actions (login required)

View Item View Item