PENGARUH FREKUENSI PEMBERIAN PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcarifer)

Lalu, Rintizan Hidayat (2020) PENGARUH FREKUENSI PEMBERIAN PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcarifer). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lalu Rintizan Hidayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Kakap putih mempunyai nilai ekonomis, penting sebagai ikan konsumsi.Manajemen pakan ikan merupakan salah satu faktor utama untuk menentukan keberhasilan usaha budidaya ikan kakap putih.Pakan merupakan unsur terpenting dalam menunjang pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan.Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen pakan adalah frekuensi pemberian pakan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh frekuensi pemberian pakan yang berbeda terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan kakap putih, serta mengetahui frekuensi pemberian pakan tebaik dalam menunjang pertumbuhan yang optimum terhadap benih ikan kakap putih. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan Pa= Frekuensi pemberian pakan 4 kali yaitu pada pukul 07.30, 11.30, 14.30 dan 18.30 WITA, Pb = Frekuensi pemberian pakan 3 kali yaitu pada pukul 07.30, 13,30, dan 19.30 WITA, dan Pc = Frekuensi Pemberian pakan 2 kali yaitu pada pukul 07.30 dan 19.30. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA dengan taraf nyata 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi pemberian pakan memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan kakap putih (Lates Calcarifer).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pakan, ikan kakap, benih.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Nov 2020 07:16
Last Modified: 13 Nov 2020 07:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18366

Actions (login required)

View Item View Item