PENGARUH MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN BELO TAHUN 2019 – 2020

Suci, Fitri Yanti (2020) PENGARUH MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN BELO TAHUN 2019 – 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUCI FITRI YANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelompok yang diajar dengan menggunakan model scramble berbantuan media puzzle memiliki motivasi belajar pada muatan pembelajaran IPS lebih tinggi dari pada kelompok yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. dengan teknik pengumpulan data angket, observasi, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu SDN Runggu sebagai kelas eksperimen dan SDN 02 Cenggu sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh, dianalisis dengan uji t plooped varian dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis, diperoleh thitung sebesar 3,97 sedangkan ttabel sebesar 3,10. thitung > ttabel dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar antara kelompok kontrol dan kelompok ekspermen, yang dimana motivasi belajar kelompok eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar kelompok kontrol. Selanjutnya menguji pengaruh model scramble berbantuan media puzzle terhadap motivasi belajar siswa dengan uji Effect sized. Berdasarkan perhitungan, diperoleh koefisien effect sized sebesar 1,13 dengan kategori tinggi, yang berarti bahwa pembelajaran menggunakan model scramble berbantuan media puzzle memberikan pengaruh yang besar dalam menambah motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS. Selama kegiatan pembelajaran siswa cenderung kurang termotivasi namun pada saat menggunakan model scramble berbantuan media puzzle siswa menjadi semangat dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran scramble berbantuan media puzzle terhadap motivasi belajar pada muatan pelajaran IPS siswa kelas IV di SD Gugus 1 Kecamatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Scramble, Media Puzzle, Motivasi Belajar, Muatan Pelajaran IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Nov 2020 07:15
Last Modified: 13 Nov 2020 07:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18367

Actions (login required)

View Item View Item