PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.C SMP NEGERI 1 BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PRATAMI PUTRI, NI PUTU KRISNA (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.C SMP NEGERI 1 BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII.C SMP Negeri 1 Batulayar tahun pelajaran 2016/2017 yang rendah. Rendahnya aktivitas dan prestasi belajar matematikan siswa ini disebabkan oleh siswa yang kurang percaya diri, kurang mampu mengkomunikasikan pendapatnya dan kurangnya penggunaan alat peraga pada materi lingkaran. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan bantuan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII.C SMP Negeri 1 Batulayar tahun pelajaran 2016/2017 pada materi lingkaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan bantuan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dimana pada setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan lima tahapan. Adapun tahapan pada setiap siklus dalam penelitian ini yakni tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan bantuan alat peraga. Data aktivitas belajar siswa diambil menggunakan lembar observasi sedangkan data prestasi belajar siswa diambil menggunakan tes evaluasi yang diberikan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 10,51 dengan kategori aktif. Pada siklus II, rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah 12,99 dengan kategori aktif. Sedangkan pada siklus III, rata-rata skor aktivitas belajar siswa yakni 13,66 dengan kategori sangat aktif. Kemudian, rata-rata hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I adalah 78,7 dengan ketuntasan belajar klasikal 75%. Pada siklus II, rata-rata hasil evaluasi belajar siswa adalah 81,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 85%. Selanjutnya pada siklus III, rata-rata hasil evaluasi belajar siswa adalah 82,1 dengan ketuntasan belajar klasikal 85%. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus I, siklus II dan siklus III, baik dari segi aktivitas maupun prestasi belajar siswa terjadi peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan bantuan alat peraga pada materi lingkaran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII.C SMP Negeri 1 Batulayar tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Alat peraga, Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 31 Mar 2018 03:03
Last Modified: 31 Mar 2018 03:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item