STRUKTUR POPULASI DAN PERILAKU HARIAN KELELAWAR (Chiroptera) DI GUA LIANG PETANG DESA BATU TERING KECAMATAN MOYO HULU KABUPATEN SUMBAWA BESAR

ZAINI, HARDIAWAN (2020) STRUKTUR POPULASI DAN PERILAKU HARIAN KELELAWAR (Chiroptera) DI GUA LIANG PETANG DESA BATU TERING KECAMATAN MOYO HULU KABUPATEN SUMBAWA BESAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Zaini Hardiawan (C1L015089).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Gua Liang Petang yang berada di Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumabawa Besar teridentifikasi sebagai habitat kelelawar akan tetapi belum diketahui data pasti tentang jenis, struktur populasi dan perilaku kelelawar yang ada di Gua liang petang. Data jenis, struktur populasi dan perilaku harian merupakan data dasar dalam upaya penyelamatan keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui struktur populasi kelelawar (Chiroptera), meliputi jumlah jenis, sex ratio dan kelas umur di Gua Liang Petang Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa Besar, 2. Mengetahui perilaku harian kelelawar (Chiroptera) di Gua Liang Petang Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa Besar.Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, observasi, trapping dan scan sampling. Kesimpulan dari penelitian ini antaralain:1. Kelelawar di Gua Liang Petang terdiri dari 3 jenis yaitu Rhinoluphus affinis, Miniopterus australis dan Hipposideros larvatus, seluruhnya berasal dari sub ordo mickrochiroptera. Sex rasio berkisar dari 1:1,1 sampai 1:1,3. Struktur umur menunjukkan tren regenerasi menurun untuk kelelawar Rhinoluphus affinis dan rendahnya angka kelahiran pada jenis kelelawar Miniopterus australis dan Hipposideros larvatus, 2. Perilaku harian pada kelelawar terdiri dari memebersihkan diri (5,56%), bertengger diam (22,22%), istirahat (26,67%), makan (5,56%), minum (5,56%), berkomunikasi (6,66%) dan bergerak (merayap dan terbang) (27,77%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kelelawar (Chiroptera), Jenis, Sex Rasio, Struktur Umur, Perilaku Harian.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2020 01:27
Last Modified: 23 Nov 2020 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18408

Actions (login required)

View Item View Item