STRATEGI KOMUNIKASI PT. PLN (Persero) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) MATARAM DALAM KAMPANYE ELECTRIFYING LIFESTYLE

Risma, Ameliana (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PT. PLN (Persero) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) MATARAM DALAM KAMPANYE ELECTRIFYING LIFESTYLE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RISMA AMELIANA_ILMUKOMUNIKASIL1B016070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan Listrik Negara (PLN) berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggannya. Hal tersebut diwujudkan untuk memberikan kualitas pelayanan yang efektif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Berbagai program kerja telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, yaitu dalam rangka mencapai visi perusahaan. Salah satunya yaitu program Electrifying Lifestyle yang saat ini sedang dikampanyekan oleh seluruh unit PLN di Indonesia dan juga dilakukan oleh PT. PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram. Dengan menggunakan energi ramah lingkungan, Electrifying Lifestyle ditujukan agar dapat mengganti peralatan rumah tangga konvesional ke peralatan dengan energi listrik. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram dalam Kampanye Electrifying Lifestyle. Selain itu penelitian ini juga ingin mencari tahu apa saja faktor pendukung dalam menjalankan strategi, kendala dan solusi serta upaya yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan eknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi serta teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa PLN UP3 Mataram melaksanakan kampanye Electrifying Lifestyle menggunakan dua strategi yaitu: 1). Srategy of persuation, Strategi ini dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung melalui kegiatan lomba memasak dengan kompor induksi, open table dalam event yang diadakan instansi lain, konvoi kendaraan listrik serta menjalin kerjasama dengan beberapa stakeholders untuk mengkampanyekan Electrifying Lifestyle. 2). Strategy of publicity, yakni melakukan penyebaran pesan atau informasi melalui proses publikasi, melalui media promosi seperti media dalam ruangan (media cetak, media sosial) , spanduk, x-banner, dan flyer. Target sasaran/audience kampanye ini adalah masyarakat perkotaan yang ditinjau dengan adanya perkembangan penggunaan peralatan listrik yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Strategi Komunikasi, Kampanye, dan Electrifying Lifestyle.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2020 01:58
Last Modified: 23 Nov 2020 01:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18411

Actions (login required)

View Item View Item