PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMPN 1 BATULAYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Handayani, Dewi (2018) PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMPN 1 BATULAYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI_DEWI HANDAYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar menulis teks prosedur siswa kelas VII di SMPN 1 Batulayar. Hal tersebut disebabkan siswa belum mampu menulis teks secara terstruktur serta kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan media yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuannya secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap hasil belajar menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMPN 1 Batulayar . Penelitian ini menggunakan media gambar berseri. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa media gambar berseri dan variabel terikat yaitu hasil belajar menulis teks prosedur. Data dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan t-hitung > t-tabel (5,93 > 1.671) sehingga diterima dan ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar menulis teks prosedur sebelum dan setelah diberi perlakuan pembelajaran menggunakan media gambar berseri. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus N-Gain tingkat pengaruh penggunaan media gambar berseri dikatakan “sedang”. Artinya bahwa hasil belajar menulis teks prosedur siswa menggunakan media gambar berseri lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar menulis teks prosedur siswa menggunakan media pembelajaran lain. Jadi, dapat disimpulkan penggunaan media gambar berseri berpengaruh terhadap hasil belajar menulis teks prosedur

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Teks Prosedur, Media Gambar Berseri
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 31 Mar 2018 03:04
Last Modified: 31 Mar 2018 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item View Item