PENGARUH METODE ARTIKULASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 28 CAKRANEGARA

TRY, CAPRIANI SUSANTI (2020) PENGARUH METODE ARTIKULASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 28 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TRY CAPRIANI SUSANTI (E1E206198).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode artikulasi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 28 Cakranegara. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 28 Cakranegara. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Data keterampilan berbicara dianalisis menggunakan uji-t sampel independent dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan unjuk kerja. Observasi merupakan metode pengumpulan data yang menggunakan pengamatan objek penelitian. Teknik observasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi non partisipan terstruktur. Observasi non partisipan terstruktur adalah observasi yang telah dirancang secara sistematis tentang apa yang diamati, kapan dan dimana tempatnya. unjuk kerja. Unjuk kerja merupakan Tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data-data untuk menunjang penelitian. Tes unjuk kerja digunakan untuk menilai kemampuan berbicara siswa dengan cara mengamati. Tes unjuk kerja difokuskan pada tes keterampilan berbicara siswa pada saat pretes dan posttes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah instrument keterampilan berbicara dengan beberapa indikator: pelafalan, kosa kata, intonasi, kelancaran, dan struktur kalimat. Uji prasyarat pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Uji homogenitas bertujuan untuk menguji apakah data berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas bertujuan untuk menguji data apakah data atau varians bersifat homogen atau tidak. Uji hipotesis bertujuan untuk menguji apakahada pengaruh penggunaan metode artikulasi pada saat pretes maupun postest. Hasil penelitian penggunaan metode artikulasi data berdistribusi normal data yang di peroleh dibuktikan dengan hasil Xhitung < Xtabel

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Metode Paired Story Telling, Keterampilan Berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:22
Last Modified: 23 Nov 2020 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18422

Actions (login required)

View Item View Item