KARAKTERISTIK BAHASA GAUL REMAJA SEBAGAI KREATIVITAS BERBAHASA INDONESIA PADA KOMENTAR STATUS INSIDE LOMBOK DI INSTAGRAM

SANDI, IRAWAN (2020) KARAKTERISTIK BAHASA GAUL REMAJA SEBAGAI KREATIVITAS BERBAHASA INDONESIA PADA KOMENTAR STATUS INSIDE LOMBOK DI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SANDI IRAWAN (E1C06080).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kosakata bahasa gaul yang terdapat di komentar status Inside Lombok, berdasarkan perubahan bentuk, jenis makna, dan fungsi bahasa gaul. Subjek penelitian ini adalah bahasa gaul yang digunakan oleh kaum remaja. Objek penelitiannya yaitu bentuk perubahan kosakata bahasa gaul. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan metode simak dengan teknik lanjutan berupa teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskripsi dengan teknik distribusional. Hasil penelitian disajikan sebagai berikut. Pertama, terdapat 7 perubahan bentuk bahasa gaul, yaitu bentuk nasalisasi +s, bentuk nasalisasi, bentuk pembalikan struktur fonem, bentuk sisipan -c-, bentuk perubahan suku kata akhir dengan –ay, dan bentuk tidak beraturan. Sementara itu, proses perubahan bentuk bahasa gaul yang bersangkutan dengan aspek morfologis, ditemukan dalam bentuk akronim. Kedua, berdasarkan jenis makna, kosakata dalam bahasa gaul yang digunakan kaum remaja bermakna denotasi dan konotasi. Namun, makna denotasi lebih banyak digunakan. Ketiga, berdasarkan fungsinya, penggunaan kosakata gaul mengandung empat fungsi, yaitu fungsi eksprseif, fungsi informatif, fungsi direktif, dan fungsi fatis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Bahasa gaul, Inside Lombok, Perubahan Bentuk, Jenis Makna, fungsi bahasa gaul.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:22
Last Modified: 23 Nov 2020 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18427

Actions (login required)

View Item View Item