PENGGUNAAN DEIKSIS DALAM NOVEL“MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH” KARYA TERE LIYE DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Diah, Suci Galuh (2020) PENGGUNAAN DEIKSIS DALAM NOVEL“MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH” KARYA TERE LIYE DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAH SUCI GALUH, E1C016025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk penggunaan deiksis persona dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye, (2) ) mendeskripsikan bentuk penggunaan deiksis waktu dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere, (3) mendeskripsikan bentuk penggunaan deiksis tempat dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere, (4) mendeskripsikan hubungan penggunaan deiksis dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual. Metode penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) bentuk penggunaan deiksis persona berupa kata dan frasa, (2) bentuk penggunan deiksis waktu berupa kata, frasa, dan klausa, (3) bentuk penggunaan deiksis tempat berupa frasa, (4) bentuk penggunaan deiksis dalam novel berimplikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI pada pembelajaran menulis teks cerpen. Deiksis dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar khususnya pada keterampilan menulis karena deiksis terkait dengan konteks.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: pragmatik, deiksis, novel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:23
Last Modified: 23 Nov 2020 07:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18437

Actions (login required)

View Item View Item